Camping Ground Tikus Emas

Bangka Tengah Dianugerahi Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 1 dari Pj Gubernur

01, April 2024 - 10:22 AM
Reporter : Ilham

PANGKALPINANG, BANGKATERKINI – Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2025 digelar. Musrenbang RKPD dibuka dan diresmikan langsung oleh Pejabat (Pj) Gubernur Babel, Safrizal ZA, di Aula Gedung Graha Timah, Pangkalpinang, Senin (01/04/2024).

Dalam sambutannya, Safrizal mengatakan, melalui musrenbang ini diharapkan dapat menjadi upaya pemerintah dalam melakukan perencanaan pembangunan untuk mengarahkan dan mengendalikan perubahan pembangunan yang terjadi.

“Tujuan yang kita anggap penting dalam musyawarah perencanaan pembangunan yakni mewujudkan masyarakat kita yang maju, makmur, dan sejahtera. Untuk itu, kita di sini sama-sama menyamakan visi agar terciptanya indikator pembangunan di provinsi kita,” ujarnya.

Menurut Pj Gubernur, peran dan kerja sama dari seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota dan pemangku kepentingan sangat diperlukan agar persiapan dokumen rencana pembangunan dapat terlaksana dengan baik.

“Pemerintah Daerah wajib menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah, baik bersifat jangka panjang (RPJPD), jangka menengah (RPJMD), maupun Jangka Pendek (RKPD), agar memiliki pedoman yang menjadi sebuah patokan dengan memanfaatkan kearifan lokal, serta potensi dan inovasi dari setiap daerah ,” lanjut Safrizal.

Musrenbang yang mengangkat tema Penguatan Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah ini juga turut dihadiri para Kepala Daerah/perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Babel, jajaran Forkopimda Babel, Instansi Vertikal Babel, serta BUMN dan BUMD yang ada di Bangka Belitung.

Hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng), Era Susanto selaku Wakil Bupati Bateng, didampingi Kepala Bappeda Bangka Tengah, Joko Triadhi.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Bateng menerima Penghargaan Pembangunan Daerah 2024 Tingkat Provinsi sebagai Terbaik I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Daerah. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Safrizal dan diterima Wabup Bateng, Era susanto.

Menyanggapi hal ini, Wabup Bateng menyampaikan rasa terima kasihnya dan memberikan apresiasi kepada jajaran di Pemkab Bateng atas kinerja yang telah dicapai.

“Alhamdulillah, penghargaan ini merupakan sebuah penilaian kinerja dari teman-teman semua yang telah memberikan inovasi yang sangat baik terkait perencanaan dan pembangunan yang ada di Bangka Tengah,” kata Era.

Ia berharap, dengan diberikannya penghargaan ini akan terus membuat Pemkab Bateng meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan dan terus memberikan inovasi-inovasi yang dapat menunjang pembangunan di Bangka Tengah agar menfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Bateng, Joko Triadhi, mengungkapkan bahwa Pemkab Bateng akan terus berkomitmen mengembangkan inovasi yang memiliki potensi di Bangka Tengah.

“Alhamdulillah, kedua kalinya Bangka Tengah berturut-turut mendapatkan penghargaan ini. Ke depan, kita sudah mempersiapkan beberapa inovasi yang nanti akan kita kembangkan dan akan kita pilih untuk diikutsertakan tahun depan dan mudah-mudah bisa hattrick ,” ungkap Joko.*